PARENTING ARTICLES

/

FEED

Article Tablet Article Mobile

Makanan Sehat untuk Ibu yang Menyusui

Tubuh Ibu secara natural menjaga kualitas ASI yang Ibu berikan kepada bayi. Berikan nutrisi kualitas terbaik kepada bayi dengan mengonsumsi makanan sehat untuk ibu menyusui.

1. Kalori
Pada umumnya, kebanyakan ibu menyusui membutuhkan 300-400 kalori lebih banyak dari ibu biasa. Walau begitu, Ibu tidak perlu bingung menghitung kalori yang Ibu perlukan. Cukup ikuti rasa lapar dari tubuh Ibu sebagai patokan untuk seberapa banyak Ibu perlu makan.

2. Protein
Tubuh Ibu membutuhkan lebih banyak protein dari biasanya, sekitar 20gr lebih banyak. Mengonsumsi protein lewat daging ayam, ikan dan sapi, telur, keju, susu, yogurt, tahu, dan kacang-kacangan bisa menjadi tambahan protein yang baik.


3. Kalsium
 Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi kalsium sekitar 1300 mg per hari. Penuhi kebutuhan Ibu lewat susu, yogurt, keju, dan minuman tinggi kalsium.

4. Zat Besi
Zat Besi yang Ibu perlukan kurang lebih sekitar 34 mg per hari. Penuhi kebutuhan tersebut lewat daging sapi, ayam, ikan dan kuning telur, serta kacang-kacangan dan buah-buahan kering.

5. Vitamin C
Dengan kebutuhan vitamin C sebesar 100 mg per hari, Ibu bisa mendapatkannya dari berbagai buah-buahan yang tepat dikonsumsi saat Ibu menyusui. Buah-buahan tersebut meliputi asam, brokoli, kentang, tomat, kol, dan paprika.